Perdana Menteri Tiongkok dan Ketua GEM di Jamuan Makan Malam Bisnis Tiongkok-Indonesia
Publish Date:2023-09-05 Hits:370

Atas undangan khusus dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, maka Perdana Menteri Dewan Negara Tiongkok, Li Qiang, mengunjungi Indonesia pada tanggal 5 hingga 8 September 2023.

Salah satu momen penting dari kunjungan ini adalah acara Makan Malam Bisnis yang digelar di Ibukota Jakarta pada malam tanggal 5 September 2023. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Pandjaitan, yang juga merupakan pemimpin kerja sama Indonesia-Tiongkok, dengan mengundang 200 perwakilan pengusaha Tiongkok di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Profesor Xu Kaihua, Ketua Grup GEM, juga merupakan salah satu undangan.

Perdana Menteri Li mengatakan bahwa Tiongkok dan Indonesia memiliki peluang kerja sama berkualitas tinggi yang besar, serta masa depan yang menjanjikan. Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk memperluas kerja sama di bidang energi hijau, ekonomi digital, biomedis, kecerdasan buatan, dan bidang lainnya, serta mendorong perluasan lebih lanjut dan efisiensi kerja sama antara kedua negara.

Dalam visi tersebut, Perdana Menteri Li berharap agar para pengusaha Tiongkok dan Indonesia akan bekerja keras untuk menjadi promotor, penyebar persahabatan antar kedua negara, untuk menciptakan lebih banyak manfaat bagi masyarakat Tiongkok dan Indonesia. Baginya, kontribusi  komunitas yang memiliki hubungan baik. masa depan bersama antara Tiongkok dan Indonesia.

Menteri Luhut dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok telah efektif mendorong pembangunan ekonomi Indonesia dan mencapai hasil yang saling menguntungkan dan saling menguntungkan. Indonesia bersedia untuk lebih memperkuat kerja sama strategis dengan Tiongkok, memperdalam integrasi industri dan rantai pasokan, mencapai pembangunan berkualitas tinggi, dan mendorong hubungan bilateral ke tingkat yang baru.

Sebelum makan malam berakhir, Perdana Menteri Li Qiang berjabat tangan dengan perwakilan pengusaha Tiongkok, dan Ketua Profesor Xu Kaihua mendapat kesempatan untuk berjabat tangan dan berkomunikasi.

Sebagai perusahaan percontohan kerja sama industri, pertukaran ilmu pengetahuan dan teknologi serta integrasi budaya antara Tiongkok dan Indonesia, sejak menginjakkan kaki di tanah panas Indonesia pada tahun 2019, GEM telah berinvestasi sebesar 1 miliar dolar AS untuk membangun "teknologi + kebijaksanaan + hijau " kawasan industri sumber daya nikel berteknologi tinggi di Taman IMIP di Sulawesi Tengah, Indonesia, untuk membantu Indonesia mewujudkan peningkatan industri bahan baku energi baru yang langsung diproduksi dari bijih nikel laterit, dan menyediakan lebih dari 3.000 lapangan kerja lokal; kelas dunia pertama hidrometalurgi nikel laterit dan pusat penelitian teknologi bahan energi baru akan dibangun untuk membantu teknologi rekayasa metalurgi dan inovasi bahan energi baru Indonesia mencapai tingkat mahir di dunia; museum industri nikel kelas dunia pertama di Indonesia akan dibangun, dan meluncurkan "GEM-Pemerintah Indonesia -Central South University" Kelas Master Internasional Teknologi Rekayasa Metalurgi Sino-Indonesia, membina total 52 master teknik Indonesia, menyediakan sejumlah talenta tingkat tinggi untuk industri teknik metalurgi dan bahan energi baru di Indonesia, dan terus mempromosikan ilmu pengetahuan dan teknologi Sino-Indonesia Pertukaran budaya telah mencapai tingkatan baru dan menjadi salah satu proyek utama kerja sama Tiongkok-Indonesia.

Pada KTT G20 2022 dan Universiade Chengdu 2023, Ketua Xu Kaihua dua kali diterima Presiden Joko di Jakarta, Indonesia dan Chengdu, Sichuan, Tiongkok.

Pada langkah selanjutnya, GEM akan terus meningkatkan investasi di Indonesia, membangun rantai industri penuh sumber daya nikel, bahan energi baru dan taman ekonomi daur ulang limbah, melayani pembangunan ekonomi dan sosial Indonesia dengan teknologi ramah lingkungan, dan menciptakan era baru ramah lingkungan. siklus untuk bersama-sama membangun Bab “Satu Sabuk Satu Jalan”.


Perdana Menteri Li Qiang dengan hangat berjabat tangan dengan Profesor Xu Kaihua, Ketua Grup GEM

Perdana Menteri Li Qiang berkomunikasi dengan Profesor Xu Kaihua, Ketua GEM Group


Socials

BottomGraphic · MainBusiness · CentralScroll ·

Pengenalan GEM Guangdong ICP No. 11096806-1©2008-2021 GEM Co., Ltd. All rights reserved

Hubungi Kami

Alamat:Sopo Del Tower A Lantai 22 Unit A, Jalan Mega Kuningan Barat 3 Lot 10.1-6 Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan 12950

Telepon:+62-2150806594

Follow Kami

Scan Kode QR

BottomGraphic · MainBusiness · CentralScroll · Pengenalan GEM Guangdong ICP No. 11096806-1©2008-2021 GEM Co., Ltd. All rights reserved