Memperkuat Jembatan untuk Integrasi Teknologi dan Budaya antara Tiongkok dan Indonesia! Selamat atas pembukaan Kursus Singkat Bahasa Mandarin (angkatan pertama) untuk Program Magister Teknik Metalurgi kerja sama antara GEM-CMMAI-CSU
Publish Date:2023-10-07 Hits:441

Pada pagi ini tanggal 5 Oktober 2023, upacara pembukaan Kursus Singkat Pelatihan Bahasa Mandarin (angkatan pertama) program magister Teknik Metalurgi kerja sama antara GEM-CMMAI-CSU (Kursus Singkat Bahasa Mandarin) diselenggarakan di GEM Jingmen Pelatihan Pusat Internasional. Upacara pembukaan dihadiri oleh Profesor Xu Kaihua, Ketua GEM Group, Professor Liu Nuo Ya, Dekan Fakultas Bahasa Asing dari Universitas Teknologi Jingchu, dan Profesor Wu Xiaofeng, Wakil Dekan Fakultas Bahasa Asing. Tim pengajar dari Fakultas Bahasa Asing di Universitas Teknologi Jingchu mencakup Profesor Wu Guangqin, Profesor Kuai Chong, Dr. Zhou Jing, dan Dr. Huang Yin Pin. Selain itu, asisten manajer umum GEM Group, Ma Lin dan Dr. Xu Pengyun, turut hadir dalam acara  bersama 40 mahasiswa angkatan pertama Indonesia.

Sebelum upacara pembukaan, Ketua Dewan Pengawas Group Lu Xi Jin, memimpin para siswa untuk berkeliling area, menikmati bunga Osmanthus, menjelajahi kebun buah dan merasakan keindahan musim gugur di dalam kawasan. Dalam suasana yang penuh ilmu dan menghibur, mereka memulai pelajaran pertama dalam Kelas Bahasa Mandarin lebih awal.

“Pada musim gugur yang datang, saat panen tiba, aroma bunga Osmanthus yang tercium di luar menandakan kedatangan hari-hari indah!” Di upacara pembukaan, Direktur Prof. Xu Kaihua membacakan dan memperlihatkan keindahan Bahasa Mandarin kepada 40 siswa Indonesia. Selain itu, Direktur Prof. Xu Kaihua juga menjelaskan pentingnya mempelajari bahasa mandarin dari tiga sudut pandang yang berbeda.

Belajar bahasa Mandarin adalah suatu ‘kehormatan’ Tahun ini pada bulan September, selama kunjungan Profesor Guo Xueyi ke Kementerian Koordinasi Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Rizky Wanaldi, perwakilan dari program magister Teknik Metalurgi yang dibiayai oleh GEM, Central South University(CSU), dan Pemerintah Indonesia, memberikan pidato dalam bahasa Mandarin dan Bahasa Indonesia. Para pejabat Indonesia yang hadir terkesan oleh penampilannya dan memuji program magister Teknik Metalurgi serta memuji kemahiran berbahasa bahasa Mandarin yang sangat baik dari siswa-siswa tersebut!

Belajar bahasa Mandarin untuk pemahaman yang lebih baik tentang ilmu Metalurgi dan pengetahuan energi baru dengan lebih baik. Semua orang sedang belajar di jurusan Metalurgi Central South University(CSU)dan bekerja di Industri energi baru di QMB Indonesia. Tanpa menguasai bahasa Mandarin, sulit untuk berkomunikasi secara mendalam dan pemahaman akan ilmu metalurgi yang sebenarnya. Belajar Bahasa Mandarin dengan baik memungkinkan kita untuk menyerap lebih banyak pengetahuan metalurgi yang canggih dari para ahli terkemuka dalam Bidang industri.

Mempelajari Bahasa Mandarin bertujuan untuk lebih mendorong kerjasama dan persahabatan antara Tiongkok dan Indonesia. Pada awal September, Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok, Li Qiang, melakukan kunjungan resmi ke Indonesia dan bertemu dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo, kembali menegaskan bahwa Tiongkok dan Indonesia memiliki hubungan persahabatan yang mempunyai sejarah yang dalam serta panjang. Dalam meningkatnya kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Tiongkok dan Indonesia, diperlukan lebih banyak warga Indonesia yang dapat berbicara Bahasa Mandarin untuk menjadi penghubung dan jembatan yang mendorong kerja sama antara Tiongkok dan Indonesia.

“Kami harus mengacu pada teknologi Hidrometalurgi bijih nikel laterit dan di mana kita akan ‘merendam’ diri dalam pembelajaran bahasa Mandarin pada suhu dan tekanan tinggi. Hanya dengan cara ini kita dapat mempelajari bahasa Mandarin dengan baik!” CEO Xu Kai Hua menekankan bahwa Kelas Bahasa Mandarin bukan hanya “pelatihan singkat”tetapi juga seperti “kelas pendalaman”. Ke-40 siswa Indonesia yang mengikuti gelombang pertama Kelas Bahasa Mandarin harus memanfaatkan tiga bulan program praktik pengajaran, belajar Bahasa Mandarin sepanjang hari, untuk mencapai tujuan pelatihan dengan sukses. Mereka akan menciptakan model pelatihan di mana warga Indonesia dapat dengan cepat menguasai bahasa Mandarin, memberikan landasan yang baik untuk gelombang kedua, ketiga dan seterusnya dari Kelas Bahasa Mandarin dan lebih memajukan pertukaran budaya dan teknologi antara Tiongkok dan Indonesia.

"Dimana ada kemauan, di situ ada jalan!","meskipun jalan panjang dan sulit dilewati, jika kita terus berjalan, kita pasti akan mencapainya!", "Jadilah orang yang bahagia setiap hari, memiliki tekad yang besar dan selalu membawa semangat musim semi dalam hati!" Direktur Prof. Xu Kaihua mengakhiri dengan kata-kata semangat kepada 40 siswa Indonesia, berharap bahwa setelah tiga bulan, mereka dapat berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Mandarin. Semangat dan tekad yang kuat akan membantu mereka dalam mencapai tujuan tersebut.

Dekan Liu Nuo Ya, Dekan Fakultas Bahasa Asing Institut Teknologi Jingchu, dalam upacara pembukaan menyatakan bahwa fakultas telah merancang rencana pengajaran yang lengkap dan sistematis untuk Kelas Bahasa Mandarin. Mereka telah menyiapkan materi pelajaran yang dalam serta dibawah pengawasan dan implementasi yang praktis, ada bahan pelajaran tambahan, serta menugaskan staf pengajar terbaik dari fakultas. Mereka juga telah menyusun rencana pengajaran yang ketat dan terperinci, serta merancang beragam kegiatan praktik di dalam dan di luar kelas, untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang benar-benar mendalam. Hal ini bertujuan agar para siswa dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan berkomunikasi dalam Bahasa Mandarin dengan cepat dalam waktu singkat.

Professor Wu Xiaofeng, yang bertanggung jawab atas proyek pelatihan, memperkenalkan tim yang terlibat dalam program Kelas Bahasa Mandarin. Sementara Profesor Wu Guangqin menjelaskan rencana kurikulum dan tujuan pelatihan Kelas Bahasa Mandarin. Mereka menyatakan bahwa para guru akan memberikan layanan pengajaran bahasa yang berkualitas tinggi kepada siswa, menceritakan kisah Tiongkok dengan baik, dan menyebarkan budaya dan bahasa Tiongkok. Mereka berjanji untuk memperkenalkan Tiongkok dengan cara yang menarik, komprehensif dan mendalam kepada para siswa Indonesia serta memberikan kontribusi yang besar kepada pertukaran budaya dan persahabatan antara Tiongkok dan Indonesia.

Tegar selaku perwakilan siswa dari angkatan pertama Program Magister Teknik Metalurgi yang dibiayai bersama oleh GEM-CMMAI-CSU, menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang langka ini yang diberikan oleh Direktur Prof. Xu Kaihua dan GEM. Program ini memungkinkan dia untuk menginjakkan kaki lagi di Tiongkok, serta belajar bahasa Tionghoa dan budaya Tiongkok lebih mendalam. Selama tiga bulan proses pembelajaran, dia akan secara tekun dalam latihan berbicara, mendengarkan, dan menulis dalam bahasa Mandarin untuk segera meningkatkan kemampuan berbahasa Mandarinnya. Tegar berharap dapat memberikan kontribusi lebih banyak dalam mewujudkan visi QMB, yaitu 'Integrasi Budaya dan Tumbuh Bersama dengan Indonesia,' serta mendorong pertukaran ilmu pengetahuan dan budaya antara Tiongkok dan Indonesia dengan lebih kuat.

Untuk menciptakan lingkungan belajar dan hidup yang baik bagi siswa Indonesia yang mengikuti Kelas Bahasa Mandarin, GEM tidak hanya menyediakan tenaga profesor berpengalaman dan doktor sebagai pengajar, tetapi juga menyediakan asisten bahasa Tionghoa bagi siswa, dengan metode pengajaran yang melibatkan 'guru senior + asisten bahasa'. Selain itu, GEM juga menyiapkan ruang khusus untuk pengajaran, asrama, dan restoran halal. Hal ini mendorong siswa untuk memanfaatkan fasilitas olahraga yang disediakan oleh perusahaan, seperti gym, lapangan olahraga, dan lapangan bulu tangkis, untuk berinteraksi dengan karyawan GEM Tiongkok dalam waktu luang mereka. Melalui lingkungan pembelajaran yang mendalam, siswa dapat mengalami cara 'merendam' dalam pembelajaran bahasa Mandarin, memahami daya tarik budaya Tiongkok, dan membangun jembatan untuk pengembangan integrasi teknologi dan budaya antara Tiongkok dan Indonesia.

Foto 1 Professor Xu Kaihua, Direktur GEM Group, bersama seluruh guru dan siswa Kelas Bahasa Mandarin, berfoto bersama untuk mengabadikan momen tersebut.

Foto 2 Ketua Dewan Pengawas GEM Group, Lu Xi Jin, memberikan pengajaran kepada siswa tentang pengetahuan umum tentang tanaman.

Foto 3 Pemandangan dari lokasi upacara pembukaan Kelas Bahasa Mandarin Program Magister Teknik Metalurgi yang dibiayai bersama oleh GEM-CMMA-CSU(Angkatan Pertama)

Foto 4 Professor Xu Kaihua, Direktur GEM Group, memberikan sambutan dalam acara tersebut

Foto 5 Profesor Liu Nuoya, Dekan Fakultas Bahasa Asing Institut Teknologi Jingchu, memberikan sambutan dalam acara

Foto 6 Tegar, perwakilan siswa, memberikan sambutan dalam acara


Socials

BottomGraphic · MainBusiness · CentralScroll ·

Pengenalan GEM Guangdong ICP No. 11096806-1©2008-2021 GEM Co., Ltd. All rights reserved

Hubungi Kami

Alamat:Sopo Del Tower A Lantai 22 Unit A, Jalan Mega Kuningan Barat 3 Lot 10.1-6 Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan 12950

Telepon:+62-2150806594

Follow Kami

Scan Kode QR

BottomGraphic · MainBusiness · CentralScroll · Pengenalan GEM Guangdong ICP No. 11096806-1©2008-2021 GEM Co., Ltd. All rights reserved