Presiden Indonesia Joko Widodo hadiri Forum Bisnis China-Indonesia, Presiden Direktur GEM Group Prof. Xu Kaihua turut diundang untuk berpartisipasi
Publish Date:2023-10-18 Hits:353

Pada tanggal 16 Oktober 2023, Forum Bisnis Tiongkok-Indonesia diselenggarakan di Beijing, ibu kota China. Perwakilan dari forum bisnis Tiongkok dan Indonesia berkumpul untuk mendiskusikan peluang-peluang baru untuk kerja sama praktis di bidang ekonomi dan perdagangan di antara kedua negara. Presiden Indonesia Joko Widodo, Gao Yunlong, Wakil Ketua Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok dan Ketua Federasi Industri dan Perdagangan seluruh Tiongkok serta para pemimpin Tiongkok dan Indonesia turut hadir dalam pertemuan ini. Presiden Direktur GEM Group, Prof. Xu Kaihua, turut diundang untuk berpartisipasi dalam forum ini sebagai perwakilan pengusaha dari Tiongkok-Indonesia.

Gao Yunlong mengatakan bahwa tahun ini memperingati 10 tahun pembentukan kerja sama strategis komprehensif antara Tiongkok dan Indonesia, serta 10 tahun inisiatif "Belt and Road Maritim Abad ke-21" yang dikemukakan oleh Presiden Xi Jinping di Indonesia. Gao Yunlong juga menegaskan bahwa sektor bisnis adalah salah satu penopang kerjasama pragmatis antara kedua negara dan berharap para pengusaha dari kedua negara dapat bekerja sama denganpenuh tanggung jawab, sehingga membuka lebih banyak sektor kerja sama, menciptakan lebih banyak peluang kerja sama bisnis, menuai lebih banyak hasil kerja sama, dan memberikan kontribusi yang lebih besar untuk memperdalam hubungan ekonomi dan perdagangan kedua negara.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kerja sama Indonesia dengan Tiongkok adalah kerja sama yang saling menguntungkan.Presiden Joko Widodojuga menyampaikan bahwa peringkat Foreign Direct Investment (FDI) Tiongkok di Indonesia telah meningkat dari posisi ke-12 ke posisi ke-2 sejak tahun 2013, dan Presiden Joko Widodo yakin bahwa peringkat FDI Tiongkok di Indonesia akan lebih naik lagi dalam satu atau dua tahun ke depan. Rencana Indonesia untuk membangun ekosistem kendaraan listrik sebagai bagian penting dari rantai pasokan dunia akan membutuhkan keahlian dan investasi teknologi tinggi, terutama jika dikombinasikan dengan penggunaan keunggulan energi hijau Indonesia yang melimpah untuk menghasilkan produk ramah lingkungan dan menciptakan ekosistem ekonomi hijau. Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia akan menyiapkan sejumlah kemudahanan bagi para calon investor untuk mendorong berbagai pengusaha, termasuk Tiongkok, untuk mempercepat investasi mereka di Indonesia.

Dalam forum tersebut, Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Presiden Direktur GEM Group, Prof. Xu Kaihua. Ini merupakan ketiga kalinya Direktur Xu Kaihua disambut secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, setelah KTT G20 pada tahun 2022 dan Chengdu Universiade pada tahun 2023.

Di Indonesia, GEM telah membangun kawasan industri sumber daya nikel berteknologi tinggi dengan "Technology + Intelligence + Green", membangun pusat penelitian kelas dunia pertama untuk hidrometalurgi bijih nikel laterit dan teknologi bahan energi baru, serta membangun museum industri nikel kelas dunia pertama di Indonesia. GEM turut berhasil juga dalam menyelenggarakan program sesi dua kelas magister gabungan "GEM-CMMAI-CSU" di bidang teknik metalurgi, dengan sesi ketiga dan keempat yang sedang berlangsung, serta merilis tiga program pelatihan "1.000" orang personil untuk teknik metalurgi dan teknologi bahan energi baru dalam rangka mempercepat proses pelatihan kemampuan bakat di Indonesia. GEM secara terus-menerus mempromosikan pertukaran teknologi, dan budaya antara Indonesia dan Tiongkok ke tingkat yang lebih tinggi.

Dalam langkah selanjutnya, GEM akan terus berkomitmen pada konsep pengembangan "Integritas investasi dalam industri, teknologi dan budaya, dan tumbuh bersama dengan masyarakat Indonesia". Selain itu, perusahaan telah berinvestasi dalam pembangunan sumber daya nikel rantai industri bahan energi baru, dan kawasan industri ekonomi sirkular daur ulang limbah, mengembangkan bakat metalurgi dan energi baru lokal Indonesia, berkerja samadengan perusahaan metalurgi dan energi baru lokal di Indonesia untuk mencapai tujuan bersama, melayani pembangunan ekonomi nasional dan masyarakat Indonesia yang berkelanjutan dengan teknologi ramah lingkungan, serta menciptakan masa depan hijau yang lebih cemerlang untuk "Belt and Road Inisiatif".

Foto 1. Presiden Indonesia Joko Widodo berpidato di Forum Bisnis China-Indonesia

Foto 2. Presiden Indonesia Joko bersama Presiden Direktur GEM Group, Prof. Xu Kaihua dan para pemimpin perusahaan lainnya
Foto 3. Presiden Indonesia Joko Widodo berjabat tangan dengan Presiden Direktur GEM Group, Prof. Xu Kaihua


Socials

BottomGraphic · MainBusiness · CentralScroll ·

Pengenalan GEM Guangdong ICP No. 11096806-1©2008-2021 GEM Co., Ltd. All rights reserved

Hubungi Kami

Alamat:Sopo Del Tower A Lantai 22 Unit A, Jalan Mega Kuningan Barat 3 Lot 10.1-6 Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan 12950

Telepon:+62-2150806594

Follow Kami

Scan Kode QR

BottomGraphic · MainBusiness · CentralScroll · Pengenalan GEM Guangdong ICP No. 11096806-1©2008-2021 GEM Co., Ltd. All rights reserved